Friday, July 1, 2022
spot_img
HomeBisnisMau Sukses Dalam Bisnis? Yuk Bikin Dulu Business Plannya

Mau Sukses Dalam Bisnis? Yuk Bikin Dulu Business Plannya

Rencana bisnis atau yang biasa disebut business plan adalah pernyataan formal tertulis yang dibuat bertujuan menjelaskan secara detail didirikannya sebuah bisnis. Business plan dibuat mencakup rencana sebuah bisnis baik dalam jangka waktu pendek, menengah dan panjang yang dijelaskan secara mendetail.

Selain berisi maksud dan tujuan bisnis didirikan, rencana bisnis ini juga berisi tentang strategi yang akan dijalankan kedepannya dalam rangka mencapai tujuan bisnis itu sendiri. Bukan hanya itu, rencana bisnis ini berisi juga tentang bagaimana organisasi, latar belakang tim yang bertanggung jawab untuk mencapai tujuan bisnis nantinya.

Sebelum Anda memulai mendirikan sebuah bisnis, tentunya memerlukan perencanaan dan persiapan yang matang agar tujuan Anda mendirikan bisnis bisa tercapai. Tujuan bisnis bisa lebih mudah tercapai apabila Anda mempersiapkannya dengan matang dan membuat business plan secara jelas dan mendetail.

Banyak orang yang memulai bisnis dan akhirnya gagal, karena tidak memiliki perencanaan yang matang dan membuat rencana bisnis yang jelas. Karena membuat rencana bisnis ini tidak boleh sembarang dan harus dibuat secara matang.

Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Memulai Berbisnis

bisnis plan
Sumber: Unsplash/Braden Collum

Selain Anda harus membuat business plan yang jelas dan terperinci, ada beberapa hal yang tidak boleh dilewatkan sebelum Anda memulai menjalankan sebuah bisnis agar tujuan bisnis bisa tercapai sesuai keinginan, maka berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memulai atau menjalankan bisnis.

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami bagaimana target konsumen dan manfaat dari produk yang Anda tawarkan
  2. Memahami kekuatan dan kelemahan bisnis Anda sebagai bahan evaluasi nantinya
  3. Mencari dan belajar dari mentor pebisnis yang sukses, atau seminimal mungkin Anda bertanya tentang pengalaman orang yang sudah menjalankan bisnis sebelumnya
  4. Mulai dari hal kecil yang nyata, karena sebaik-baiknya bisnis adalah bisnis yang benar dijalankan dan bukan angan-angan

Setelah Anda memperhatikan empat hal diatas, selanjutnya Anda mulai membuat sebuah business plan yang disusun dengan sangat matang dan mendetail. Karena rencana bisnis ini berperan seperti kompas yang menentukan arah mata angin dari bisnis Anda nantinya.

Fungsi Business Plan

tujuan bisnis plan
Sumber: Unsplash/Headway

Karena menjadi hal penting dalam mengawali sebuah bisnis nantinya, maka tentunya rencana bisnis memiliki beberapa fungsi business plan yang harus Anda pahami agar menjadi pebisnis yang sukses di masa yang akan datang.

1. Mengawali terbentuknya sebuah bisnis

Sebagai langkah awal yang harus dilakukan sebelum menjalankan sebuah bisnis nantinya, business plan memiliki fungsi sebagai langkah awal berdirinya sebuah bisnis. Karena tanpa business plan yang jelas, maka bisnis yang baru didirikan akan sulit berkembang.

Jangan tergesa-gesa dalam membuat rencana bisnis, karena jika salah pertimbangan dan perhitungan, rencana bisnis bisa menjadi sia-sia dan tujuan bisnis pun menjadi hal yang sangat sulit untuk diwujudkan.

2. Mencari sumber dana tambahan (Investor)

Selain menjadi langkah awal didirikannya sebuah bisnis, rencana bisnis yang baik dan benar bisa dijadikan alat untuk mencari sumber dana tambahan atau investor. Karena business plan yang baik dan terperinci bisa membuat investor lebih tertarik serta yakin untuk menanamkan modalnya untuk bisnis Anda.

Baca Juga: Apa Itu Segmentasi Pasar? Berikut Manfaat, Contoh dan Cara Menerapkannya

Apalagi jika Anda mendirikan startup, maka mencari sumber dana tambahan atau investor menjadi hal yang pasti dilakukan, agar startup yang didirikan bisa lebih cepat dikembangkan. Maka buatlah rencana bisnis yang baik dan benar.

3. Membuat prioritas menjadi lebih masuk akal

Saat Anda membuat business plan, Anda akan belajar dan mengetahui prioritas bisnis mana yang akan dilakukan. Prioritas dalam hal ini mencakup manajemen dalam bisnis, kesehatan keuangan dalam bisnis dan pertumbuhan perusahaan Anda nantinya.

Anda akan lebih mudah menentukan prioritas dan hal apa yang harus diutamakan saat bisnis dijalankan, karena semuanya sudah tergambar jelas di rencana bisnis yang sudah Anda buat dengan matang sebelumnya.

4. Meminimalisir resiko kegagalan bisnis

Resiko kegagalan bisnis bisa diminimalisir dengan rencana bisnis yang dibuat dengan baik, walaupun kegagalan bisnis bisa saja terjadi. Namun dengan membuat business plan, disana sudah jelas arah tujuan dan konsep bisnis yang ingin dijalankan.

Maka dengan kata lain resiko kegagalan bisnis nantinya bisa dengan mudah diminimalisir dengan rencana bisnis yang sudah dibuat dan dipikirkan secara matang, oleh karena itu buatlah secara matang dan mendetail, agar resiko kegagalan bisnis mengecil.

5. Memperkirakan bisnis di masa yang akan datang

Dengan membuat rencana bisnis yang sudah dipertimbangkan dengan matang, tentunya Anda bisa memprediksi bisnis di masa yang akan datang. Hal ini dikarenakan di dalam business plan akan terdapat gambaran bisnis dalam jangka waktu pendek, menengah dan juga panjang.

Walaupun demikian, namun mungkin saja segala hal bisa terjadi termasuk prediksi Anda. Tentunya rencana bisnis ini harus didukung dengan riset atau survey yang dituangkan untuk menentukan strategi bisnis kedepannya.

Manfaat Business Plan Dalam Berbisnis

manfaat business plan
Sumber: Unsplash/Razvan Chisu

Mengapa business plan ini menjadi sangat penting? Ini dikarenakan ada banyak manfaat yang menjadikan business plan menjadi sangat penting ketika Anda membangun bisnis, diantaranya:

1. Membantu saat mengambil keputusan

Saat Anda memulai sebuah bisnis, tentunya akan banyak tantangan yang akan dihadapi. Misalnya saja mengembangkan produk, merekrut karyawan, masalah finansial dan lain sebagainya.

Tentunya hal-hal tersebut diperlukan pengambilan keputusan yang tepat. Maka salah satu manfaat business plan adalah dapat membantu Anda saat mengambil keputusan.

2. Mengatur keseluruhan sistem keuangan bisnis

Bukan hanya mengambil keputusan, business plan juga dapat membantu Anda dalam merencanakan sistem keuangan dalam bisnis dengan baik. Salah satunya adalah agar kedepannya Anda bisa terhindar dari kesalahan dalam melakukan penyusunan keuangan yang bisa menyebabkan kerugian.

Itulah pengertian, tujuan serta manfaat yang bisa Anda rasakan ketika membuat sebuah business plan sebelum Anda memulai sebuah bisnis.

Selain keuangan, permasalahan yang kerap terjadi adalah pendistribusian barang. Ketika barang yang akan dipasarkan memerlukan transportasi yang memadai untuk didistribusikan dengan baik kepada konsumen.

Tentu saja Anda pasti memerlukan banyak armada apabila bisnis mulai berkembang agar proses pendistribusian ini tidak mengalami kendala.

Penyewaan truk di TCI Logistics bisa menjadi solusi bagi Anda yang sedang mengalami kendala saat pendistribusian produk. Dengan armada yang baik dan tim profesional, TCI Logistics siap membantu Anda dalam pendistribusian produk di Indonesia.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments