Friday, December 9, 2022
spot_img
HomeBisnisApa Itu Segmentasi Pasar? Berikut Manfaat, Contoh dan Cara Menerapkannya

Apa Itu Segmentasi Pasar? Berikut Manfaat, Contoh dan Cara Menerapkannya

Apa itu segmentasi pasar? segmentasi pasar adalah cara untuk membagi suatu pasar atau mengelompokkan pembeli yang berbeda yang memiliki karakteristik, kebutuhan atau perilaku yang berbeda-beda yang diprediksi membutuhkan produk atau jasa yang berbeda-beda.

Selain itu juga bisa diartikan sebagai proses atau skema menganalisis dan mengidentifikasi para calon target konsumen. Hal ini penting dilakukan oleh para pebisnis agar target pasar menjadi lebih tertarget dan efektif saat bisnis mulai dijalankan.

Menentukan segmentasi ini bukan hanya berfungsi untuk memaksimalkan strategi komunikasi dan pemasaran, tetapi menargetkan pasar ini merupakan langkah awal pada rencana bisnis Anda yang akan mempengaruhi produk atau jasa yang akan dikembangkan.

Apa Sih Manfaatnya Untuk Bisnis?

Dengan semakin banyaknya populasi pelanggan maka kebutuhan yang dimiliki serta keinginannya berbeda-beda satu sama lain, maka dari itu dengan membuat segmentasi pasar ini Anda akan menentukan karakter pelanggan seperti apa yang cocok dengan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan.

Manfaat Segmentasi Pasar

segmentasi pasar
Sumber: Unsplash/DocuSign

Faktor yang menentukan mengapa segmentasi ini perlu dilakukan karena tidak ada satupun produk di dunia ini yang dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Segmentasi pelanggan ini membuat Anda lebih menjadi fokus pada kelompok masyarakat tertentu yang berpotensi untuk menjadi pelanggan Anda dan bukan hanya itu, tapi juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan Anda secara signifikan.

Selain menentukan arah target konsumen, segmentasi pasar ini juga dapat memecahkan salah satu permasalahan utama dalam melakukan pemasaran, yaitu menciptakan lebih banyak konversi penjualan.

Lebih banyak konversi ini sangat dimungkinkan melalui kampanye pemasaran yang lebih tertarget melalui masing-masing segmentasi yang telah dilakukan, mensegmentasi pasar juga dapat membantu bisnis menyesuaikan komunikasi yang baik dan sesuai.

Pada dasarnya konversi adalah ketika target konsumen Anda melakukan sesuatu yang sesuai dengan call-to-action yang sudah Anda rancang. Sebagai contoh adalah ketika Anda mengirimkan e-mail penawaran atau newsletter kepada pelanggan.

Contoh Segmentasi Pasar

contoh segmentasi pasar
Sumber: Unsplash/Đức Trịnh

Dengan melakukan segmentasi pada bisnis, Anda nantinya akan lebih mengenal target konsumen dan pasar Anda. Sehingga nantinya Anda dapat lebih fokus merancang strategi bisnis (termasuk dalam menentukan channel pemasarannya).

Contoh segmentasi pasar :

Jika Anda berada pada pada bidang industri seperti penjualan container bekas atau baru, tentunya Anda tidak mungkin menawarkan produk ini ke anak-anak SMA yang pastinya tidak memerlukannya. Oleh karena itu dengan menentukan target konsumen, Anda pastinya  akan memasarkan produk container ini ke perusahaan shipping line atau pengusaha yang membutuhkan produk yang Anda tawarkan.

Cara Menentukan Segmentasi Pasar Dalam Bisnis

cara menentukan segmentasi pasar
Sumber: Unsplash/Jason Goodman

Pastinya Anda tidak akan bisa mengelompokkan calon konsumen tanpa basis yang jelas dan strategi segmentasi pelanggan ini terbagi menjadi empat. Lantas bagaimana cara menentukan segmentasi pasar saat berbisnis? Berikut penjelasannya.

1. Segmentasi Demografis

Segmentasi demografis adalah salah satu strategi dari segmentasi pasar paling sederhana dan sudah banyak digunakan. Banyak perusahaan yang biasa menggunakan segmentasi jenis ini untuk menentukan target konsumen yang tepat bagi produk yang mereka tawarkan.

Dengan menggunakan segmentasi demografis ini Anda bisa membuat mengelompokkan calon konsumen berdasarkan jenis kelamin, usia, jenis pekerjaan, status pernikahan, agama, pendidikan dan jumlah pendapatan.

2. Segmentasi Geografis

Segmentasi geografis juga tidak kalah penting dilakukan, segmentasi ini berarti mengelompokkan calon konsumen berdasarkan lokasi atau wilayahnya. Di setiap negara atau wilayah pasti setiap penduduknya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda dan ini menjadi alasan mengapa segmentasi jenis ini perlu Anda lakukan.

3. Segmentasi Perilaku

Segmentasi jenis ini merupakan pengelompokkan pelanggan berdasarkan kebiasaan dan pola pengambilan keputusan mereka. Contohnya adalah pada pasar smartphone, iPhone dipasarkan dan di branding dengan elegan serta harganya yang cukup tinggi sehingga para penggunanya kebanyakan kalangan menengah keatas.

Sementara itu, Xiaomi banyak digunakan oleh para penikmat Android karena banyak menawarkan aplikasi gratis. Hal ini membuat kebanyakan para pengguna Xiaomi sendiri adalah kalangan yang cukup sampai menengah.

4. Segmentasi Psikografis

Segmentasi psikografis merupakan mengelompokkan calon konsumen berdasarkan gaya hidup dan mencakup aktivitas mereka sehari-hari serta keterkaitannya masing-masing. Selain itu segmentasi pasar jenis ini juga biasanya melihat dari psikologis pelanggan.

Yang dimaksud melihat dari sisi psikologis pelanggan adalah dampak dari gaya hidup serta status sosialnya, karena setiap orang berbeda gaya hidup dan aktivitasnya setiap hari, tentunya hal ini membuat keinginan dan kebutuhannya juga berbeda-beda.

Syarat Segmentasi Pasar

syarat segmentasi pasar
Sumber: Unsplash/Jason Goodman

Ada beberapa syarat yang harus Anda perhatikan agar segmentasi menjadi efektif, Apa saja syaratnya? berikut penjelasannya :

1. Dapat Diukur

Syarat segmentasi pasar yang pertama yaitu measurable atau dapat diukur, pengelompokkan calon konsumen bisa diukur baik dari luasnya, besarnya dan daya beli dari calon konsumen tersebut.

2. Dapat Dijangkau

Selanjutnya, syarat yang kedua adalah accessible atau bisa dijangkau. Artinya segmentasi jenis ini dapat dijangkau dan wajib dilaksanakan. Karena taktik pemasaran yang sudah dibentuk akan mampu dijalankan apabila terjangkau dalam hal ini memungkinkan untuk dilakukan.

3. Dapat Menguntungkan

Syarat ini harus diperhatikan, yaitu cukup menguntungkan. Sia-sia rasanya jika Anda melakukan segmentasi pelanggan namun diprediksi tidak akan menghasilkan dampak yang positif, untuk itu dalam melakukan segmentasi harus dinilai menguntungkan.

4. Dapat Dibedakan

Segmentasi harus dan wajib dapat dibedakan atau differentiable, maksudnya adalah dalam melakukan segmentasi dan sudah menentukan segmen yang sudah dikelompokkan dengan baik adalah mampu dibedakan secara jelas satu sama lain.

5. Dapat Dilaksanakan

Syarat segmentasi pasar yang terakhir adalah actionable atau dapat dilaksanakan, artinya mampu dilaksanakan dan dijangkau dari asal daya perusahaan itu sendiri. Karena percuma jika sudah melakukan segmentasi, namun ternyata perusahaan itu sendiri tidak mampu memenuhi kebutuhan calon konsumen tersebut.

Tingkatan Pemasaran Dalam Bisnis

1. Pemasaran massal ini berfokus pada sistem produksi, distribusi hingga promosi yang dilakukan secara massal untuk produk yang sama kepada hampir keseluruhan target.

2. Pemasaran segmen artinya perusahaan menyadari bahwa target konsumen berbeda-beda alam kebutuhan, perilaku pembelian dan persepsinya terhadap produk yang ditawarkan.

3. Pemasaran ceruk atau biasa disebut marketing niche merupakan pemasaran yang berfokus pada grup di dalam segmen-segmen yang sudah ditentukan.

4. Pemasaran mikro adalah praktik penyesuaian produk dan strategi pemasaran agar cocok dengan keinginan individu atau lokasi tertentu saja, atau biasa disebut dengan pemasaran lokal.

Pembahasan dan basis-basis dari segmentasi pasar diatas dapat Anda lakukan dan dijadikan bagian dari strategi bisnis Anda nantinya. Karena dengan menentukan segmentasi untuk target pasar Anda, Anda akan lebih efisien dan fokus menyusun bisnis plan, strategi pemasaran dan pengembangan produk yang Anda tawarkan.

Intinya bila Anda melakukan segmentasi pelanggan saat menjalankan bisnis Akan membuat pemasaran produk Anda jauh lebih baik dan tepat sasaran. Bagikan artikel ini ke keluarga, teman dan orang terdekat Anda, terima kasih.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments