Friday, December 9, 2022
spot_img
HomeInfo ContainerApa Itu Peti Kemas? Berikut Pengertian, Standarisasi dan Jenis-Jenisnya

Apa Itu Peti Kemas? Berikut Pengertian, Standarisasi dan Jenis-Jenisnya

Peti kemas adalah sebuah kotak atau peti yang memenuhi syarat teknis sesuai dengan International Organization for Standardization (ISO) sebagai perangkat atau alat pengangkutan barang yang fleksibel untuk digunakan berbagai moda transportasi.

Alat pengangkutan barang ini bisa digunakan oleh moda di jalan raya dengan truk kontainer, moda kereta api dan juga kapal laut.

Selain digunakan untuk mengangkut barang, peti kemas juga bisa digunakan untuk menyimpan barang. Hal ini yang menyebabkan container sering disebut juga sebagai gudang berbahan baja.

Standarisasi Peti Kemas

Kontainer memiliki standarisasi berat dan ukuran yang disesuaikan dengan International Organization for Standardization (ISO) untuk dinyatakan layak digunakan.

Baik digunakan untuk pengangkutan barang maupun digunakan sebagai tempat penyimpanan. Dibawah ini merupakan standarisasi berat dan ukuran untuk sebuah peti kemas.

1. Berat

Berat maksimum dari muatan kering container 20 feet adalah 24.0000 kg dan untuk 40 feet (termasuk high cube container) yaitu 30.480 kg. Sehingga berat standar muatan bersih (payload) yang bisa diangkut peti kemas adalah 21.800kg untuk 20 kaki dan 26.680 kg untuk 40 feet.

2. Ukuran

Ukuran peti kemas standar internasional yang digunakan adalah sebagai berikut.

ukuran peti kemas
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Peti_kemas

Kontainer peti kemas memiliki karakteristik yang kuat, tahan cuaca dan juga bisa digunakan berulang-ulang. Selain itu bongkar muat yang terbilang cukup cepat dan jaminan keselamatan yang luar biasa ini dikarenakan container dilengkapi dengan electric seal untuk memudahkan pengawasan.

Sistem pada peti kemas ini memungkinkan juga untuk dilakukan pengangkutan dengan sistem door to door. Oleh karena itu kontainer ini dijadikan wadah pengiriman barang jarak jauh.

Jenis-Jenis Peti Kemas Secara Umum

Berbagai jenis peti kemas digunakan untuk pengiriman maupun penyimpanan barang-barang yang spesifik, tentunya disesuaikan dengan keperluannya masing-masing.

Baca Juga: Kapal Tongkang Hampir Tenggelam Pengangkut Ratusan Kontainer di Karimun Dipindah, 8 ABK Selamat

Namun tetap menggunakan ukuran yang standar agar mempermudah handling dan perpindahan antar moda angkutan. Jenis peti kemas adalah sebagai berikut.

1. Dry Container/General Purpose Container

Jenis peti kemas yang pertama adalah general purpose container atau biasa disebut kontainer standar atau dry container. Kontainer standar adalah jenis yang  paling populer dari semua jenis container.

Unit ini terbilang kuat, tahan lama, hemat biaya dan biasa digunakan untuk mengangkut barang dan kargo baik melalui laut atau darat. Container jenis ini serba guna dan dibuat mengikuti standar ISO. Dilengkapi dengan plat CSC (untuk container baru) yang tervalidasi.

Dengan begitu membuat peti kemas ini menjadi terjamin tahan cuaca, tahan gempa dan anti hama. Karena memiliki ukuran standar, kontainer ini sangat mudah untuk diangkut dengan kapal laut, kereta api atau truk.

2. High Cube Container (HC Container)

High Cube Container atau HC Container adalah jenis peti kemas yang paling ideal untuk pengiriman maupun penyimpanan kargo yang memiliki volume lebih besar.

High Cube Container ini dibuat menggunakan baja Corten berkualitas tinggi sehingga container jenis ini dinilai sangat kuat dan tahan lama. Sesuai namanya, Container High Cube ini memiliki ukurang yang lebih tinggi jika dibandingkan kontainer standar.

3. Side Opening Container/Kontainer Pintu Samping

Sesuai dengan namanya, side opening container ini memiliki pintu samping yang berfungsi untuk mempermudah proses loading cargo. Karena terkadang memuat atau menurunkan kargo dari peti kemas bisa menjadi hal yang cukup rumit dan membutuhkan waktu yang lama.

Dengan adanya container side opening ini, menjangkau letak kargo di bagian depan atau belakang akan lebih mudah. Hal ini disebabkan adanya side opening doors atau pintu samping ekstra yang terbuka.

4. Mini Shipping Container (Peti Kemas Mini)

Mini Shipping Container atau Peti Kemas Kecil adalah jenis container dengan ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan container pada umumnya. Walaupun berukuran lebih kecil jenis container ini dapat digunakan untuk mengangkut barang.

Dikarenakan unitnya yang kecil, container ini juga dapat digunakan sebagai gudang penyimpanan barang yang dapat digunakan di rumah-rumah penduduk.

Mengangkut berbagai jenis barang dengan volume yang lebih kecil terkadang sulit dilakukan tetapi akan menjadi lebih mudah dengan menggunakan mini shipping container. Menyimpan barang-barang di rumah menjadi aman dari berbagai rintangan dengan kontainer kecil ini.

Mini shipping container juga terbuat dari corten steel yang kuat. Menjadikannya tahan lama dan bisa digunakan dalam jangka panjang.

Selain itu, mini shipping container dilengkapi dengan atap kokoh dan pintu yang kuat. Fitur-fitur yang tersedia ini akan mengamankan kargo jenis apa pun dari cuaca buruk.

5. Pallet Wide Container

Pallet Wide Container adalah jenis peti kemas memiliki ciri-ciri yang sedikit lebih lebar dari container standar. Jenis kontainer ini dibuat bertujuan agar bisa memuat euro pallet yang memiliki ukuran lebih besar.

Apabila menggunakan Pallet Wide Container anda dapat memaksimalkan kapasitas angkut saat menyimpan atau mengirim palet Euro. Karena jenis container ini memiliki bentuk sedikit lebih lebar dari ukuran pada umumnya. Dengan cara ini Anda dapat menekan biaya operasional.

6. Duocon Container

Duocon container adalah jenis peti kemas yang terdiri dari dua unit container 10 feet yang disatukan dengan cara menyambungkan bagian belakang masing-masing container.

Jenis duocon container ini memiliki 2 pasang pintu yang terletak di bagian depan dan belakang. Duocon shipping container juga dapat dibuat dengan menyambungkan antara dua unit peti kemas 20 feet menjadi satu container 40 feet.

7. Double Door Container

Double Door Container Ini adalah jenis kontainer yang dilengkapi dengan pintu pada kedua ujungnya. Dengan cara seperti ini, bongkar muat bisa dicoba dengan waktu yang lebih cepat dengan kontainer jenis ini.

8. Bulker Container

Bulker Container biasa digunakan untuk tempat penyimpanan serta pengiriman produk curah kering (dry bulk product) semacam hasil pertanian (biji jagung, biji kopi, biji karet, serta lain lain) serta bahan baku industri (biji plastik serta lain lain).

Banyak bidang usaha seperti pertanian, industri manufaktur, serta komersial, memerlukan kontainer jenis ini. Bulker Container bisa diandalkan untuk unit transportasi pengiriman serta penyimpanan benda curah.

9. Refrigerated Container/Reefer

Refrigerated container merupakan salah satu jenis peti kemas yang bisa Anda pilih sebab mempunyai kelebihan mengangkut produk pada keadaan beku ataupun dingin untuk pengiriman dengan jarak yang jauh tanpa permasalahan.

Tidak hanya itu, kontainer tipe ini bisa melindungi benda yang ditaruh pada temperatur yang diperlukan supaya tidak rusak serta senantiasa segar.

Sebagian contoh bahan baku yang bisa diangkut memakai reefer container ini merupakan benda yang sensitif terhadap temperatur semacam produk santapan.

10. Offshore DNV

Offshore DNV Container merupakan pemecahan yang pas buat menghindarkan kamu dari kerugian yang pastinya hendak membagikan akibat yang tidak menguntungkan untuk industri.

Kelebihan memakai kontainer kepunyaan kami ini merupakan ialah salah satu CCU container (Cargo Carrying Unit) yang bisa digunakan buat mengangkat serta menaruh perlengkapan serta persediaan benda kepunyaan kamu.

Tidak hanya itu, unit ini ini bisa digunakan buat mengangkat beberapa barang buat keperluan eksplorasi migas lepas tepi laut serta pula zona lain yang mempunyai aktivitas di lepas tepi laut.

11. Container Half Height

Kontainer Half Height merupakan opsi yang pas bila Kamu memerlukan container buat muatan curah (bulk cargo) yang berat. Kontainer ini memiliki besar separuh dari kontainer standar, laporan lebih kuat serta kokoh sehingga bisa diandalkan buat mengangkat beberapa barang dengan bobot berat.

Tidak hanya itu, kontainer ini pula menawarkan akses bongkar memuat dari bagian atas sebab atapnya dapat dilepas. Kontainer tipe ini digunakan dalam industri pertambangan buat mengangkat perlengkapan pertambangan ataupun hasil pertambangan.

12. Open Top Container

Open top container merupakan peti kemas multifungsi yang dimodifikasi spesial sehingga penutup bagian atas bisa dibuka serta dilepas buat mempermudah proses bongkar muat benda. Kontainer ini mempunyai dimensi 20 feet serta 40 feet.

Tidak hanya itu, atap dari open top container ini dilapisi oleh terpal yang bermutu besar buat membolehkan pembongkaran serta pemuatan benda berat yang efektif serta gampang sebab membutuhkan atap yang lebih rendah.

13. Container Flat Rack

Apa itu peti kemas flat rack? Unit ini merupakan produk yang sempurna buat digunakan dalam muat serta mengirimkan benda berukuran spesial. Kontainer ini mempunyai bagian atas serta samping yang terbuka, serta cuma diberi bilik pembatas.

Di bagian ujungnya sehingga mempermudah buat muat benda dengan ukuran berbeda ataupun dimensi yang tidak biasa.

14. Portacamp

Portacamp merupakan kontainer yang dimodifikasi buat difungsikan selaku kantor, tempat tinggal, serta masih banyak lagi. Tidak hanya bertabiat portable, pemakaian portacamp container sendiri pula bisa dirancang cocok dengan kebutuhan kamu.

Umumnya, unit ini digunakan oleh industri konstruksi serta pertambangan, kontainer ini bisa dimodifikasi jadi direksi keet/bedeng buat tempat tinggal sedangkan pekerja- pekerja di lapangan. Sehingga terus menjadi mengirit waktu ekspedisi dari posisi kerja ke tempat pekerja tinggal serta bisa mengirit extra cost buat transportasi untuk pekerja.

15. Coal Bin Container

Coal bin merupakan suatu kontainer yang mempunyai fitur spesial buat muat serta menaruh batubara. Batubara selaku salah satu hasil tambang yang bisa dibakar butuh diberi wadah spesial buat tempat penyimpanan biar kualitasnya senantiasa terpelihara.

Fitur spesial yang dipunyai Coal Bin sanggup buat melindungi supaya batubara senantiasa kering serta nyaman sebab mempunyai sistem pembuangan air serta mekanisme penguncian pintu spesial.

17. Kontainer ISO Tank

Tank Container ini mempunyai fitur standar internasional yang buatnya nyaman serta layak digunakan. Sebagian material, cairan, bubuk, bahan kimia, apalagi sebagian produk santapan bisa dikirim dengan nyaman. Container ini dibuat dari stainles steel serta mempunyai bermacam susunan pelindung di sekelilingnya.

18. Kontainer Dangerous Goods

Dangerous Goods ialah pemecahan penyimpanan yang andal buat benda beresiko, tercantum cairan yang gampang dibakar serta tidak gampang dibakar.

Ada dalam bermacam dimensi serta jenis. Unit ini umumnya dilengkapi dengan ventilasi hawa yang lumayan buat sediakan pertukaran hawa yang mudah sehingga bisa menjauhi konsentrasi uap. Lantai berlubang mengalirkan tumpahan cairan beresiko ke wadah penampungan serta lekas dibuang lewat katup pembuangan (drain valve).

19. Kontainer Modular

Modular Container merupakan Kontainer Kargo yang telah dimodifikasi sehingga dapat di- Knockdown serta jadi pemecahan instan untuk Kamu yang memerlukan bangunan praktis yang dapat dibentuk secara kilat serta gampang dipindahkan ataupun bongkar- pasang.

Modular Container ini umumnya berbahan rangka baja serta sandwich panel yang tahan cuaca ekstrim semacam panas maupun hujan. Tidak hanya itu kontainer modular ini pula bisa ditumpuk jadi 2 lantai ataupun lebih cocok kebutuhan Kamu di lapangan.

20. Heated Storage Container

Kontainer Heated/Hot Storage merupakan unit yang sanggup melindungi temperature di bagian dalam kontainer dengan dorongan penghangat elektrik. Owner dapat mengendalikan temperatur di dalam cocok kebutuhan.

Konstruksi Peti Kemas

Setiap unit peti kemas ini diberi identitas yang dikenali oleh pihak berwenang seperti pengangkut, pemilik, petugas kepabeanan dan pihak terminal.

Container wajib memenuhi ketentuan yang sudah tercantum dalam konvensi internasional seperti Convention on Safe Container (UN CSC) pada tahun 1972. Setiap peti kemas ini wajib untuk diuji kelayakannya dan dibuktikan dengan sertifikat.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments